KOMPONEN PADA MOTHERBOARD OLPC

Fungsi komponen penting pada Motherboard Laptop

Assalamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh    
Pada sesi sekarang ini saya akan menjelaskan sedikit tentang komponen-komponen pada motherboard . Selamat membaca :-)


   Motherboard ialah papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Motherboard yaitu papan PCB yang mempunyai jalur - jalur sistematis yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya.    


     Motherboard bisa disebut juga Mainboard. Pada mainboard terdapat bagian - bagian input maupun output berupa socket ataupun slot. Seperti socket processor, slot memory, konektor IDE, socket Catu daya, Slot peripheral, I/O port, dll. Jadi semua tempat untuk komponen sudah tersusun rapi di dalam motherboard ini. Motherboard disimpan atau ditempatkan di Casing (Kotak Komputer)..
 Jadi semua komponen yang ada dikomputer terhubung dalam papan sirkuit yang bernama motherboard.
Berikut adalah komponen komponen utama pada motherboard:
1.RAM  (Random Acces Memory)
Adalah Sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan intruksi program yang akan dan sudah di eksekusi oleh Prosesor. Penyimpanannya bersifat sementara, Artidari bersifat sementara adalah ketika komputer di matikan ram akan dikosongkan lalu akan diisi dengan data baru yang di perlukaan saat komputer hidup kembali.
Berbeda dengan hardidsk, Hardisk besifat tetap.
Terkadang RAM sering di sebut sebagai memory utama atau main memory.
Kesimpulannya RAM adalah Sebuah perangkat keras komputer yang hanya penyimpanannya bersifat sementara.

Fungsi dari RAM (Random Acces Memory)
yaitu mempercepat pemrosesan data pada komputer. semakin besarnya RAM maka kamputer kita akan semakin cepat dalam memprosesnya.
Selain itu Ram juga berfungsi sebgai alat penyimpanan data di saat komputer atau leptop dalam keadaan hidup, tetapi jika komputer di matikan maka penyimpanan tersebut akan hilang,
jika komputer di hidupkan kembali maka RAM akan mengisi data baru pada komputer atau leptop tersebut.

            Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V).
Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive
• CD – ROM
Energi panas atau Short Wave Diathermy biasa disebut dengan Diathermy gelombang pendek. Berfungsi untuk memanaskan jaringan dan pembuluh darah dengan gelombang pendek, sehingga peredaran darah menjadi lancar. Tegangan diatas 5volt dengan jenis PQ31.
A.      BACKLIGHT POWER SUPPLY .
Backlight power supply diatur oleh Backlight Brightness register (8-bit). hanyaatas 4 bit dari register ini digunakan - lebih rendah 12 bit tidak terdefinisi, dan harus diabaikan. Backlight Brightness register digunakan untuk mengatur siklus untuk power supply itu sendiri. Sebuah nilai 00H sesuai dengan siklus tugas dari 0% (sepenuhnya off), sedangkan nila dari 0Fh sesuai dengan siklus tugas dari 100%. nilai interim dapat digunakan untuk mengatur tingkat tertentu.
          B. +5VSUS .Untuk port video page tegangan diatas 5V

          C. +3.3VSUS .Untuk port video page tegangan diatas 3.3V

          D. +3.3V SW Q13.Untuk port video page tegangan diatas 3.3 dengan jenis Q13
          E. 3VPCU POWER SUPPLY.Untuk port video page tegangan 3V pada power supply
          F. +1.05V POWER SUPPLY .Uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v

          G. +1.2V POWER SUPPLY.Uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v

          H. VCORE POWER SUPPLY.Tegangan core CPU (VCore) adalah tegangan listrik dipasok ke CPU (yang merupakan rangkaian digital), GPU, atau perangkat lain yang mengandung inti pengolahan. Jumlah daya CPU menggunakan, dan dengan demikian jumlah panas itu menghilang, adalah produk dari tegangan ini dan saat ini ia menarik. Di CPU modern, yang dibuat menggunakan CMOS, saat ini hampir sebanding dengan kecepatan clock, CPU menggambar hampir tidak ada saat ini antara siklus jam
          I. LCD POWER SUPPLY .Dalam LCD memantau power supply, kapasitor sesekali akan pergi buruk. Hal ini menyebabkan mereka bocor dan menonjol keluar dan catu daya tidak akan mampu memberikan kekuatan untuk monitor, menyebabkan ia bahkan tidak menyala. Jadi ya, ini cukup masalah jika Anda ingin monitor untuk bekerja.

          J. +1.2V POWER SUPPLY .Dengan platform WD2 telah menggunakan CPU jenis UPPWD2 yang mempunyai versi
dan kebutuhan tegangan berbeda
uppwd v2.5 kebawah menggunakan tegangan Vcore =1.8 v

3. FIRWARE SPI FLASH 1 MBYTE FLASH
Perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas. Untuk menempatkan firmware dengan flash hungga 1MB
4. Embedded controler
Perkembangan techology system micro controller menuntut hardware manufactur mengembangkan kualitas system bios pada motherboard Laptop lebih baik,mengeluarkan system bios dengan dua chip yang disebut dengan EC bios dan bios utama.System ini akan ditemukan pada motherboard Laptop seri terbaru berbasis Corei3 keatas.
Untuk lebih mengenal system ini ,berikut pembahasan jenis,fungsi dan cara kerja kedua system bios ini.
EC BIOS atau Embedded controller bios biasanya umumnya berfungsi:
Menerima sinyal dari kedua keystroke keyboard notebook dan tombol lainnya dan switch
Menghidupkan sistem komputer Pengisian controll battery Pengukuran suhu Kontrol kipas dan pendinginan lainnya Menempatkan sistem stanbay . Kontrol setiap LED pada sistem Embedded controller selalu aktif dengan atau tanpa power
Sistem komputer berkomunikasi dengan Embedded  controller .  komunikasi menggunakan:
Embedded ACPI controler SmBus controler SPI Memori. Embedded Controller memiliki Ram sendiri dan hampir selalu berbentuk Flash Rom di mana dieksekusi lunak (firmware) disimpan. Firmware  EC (embedded Controler)Firmware "atau" firmware  controller tertanam  " "EC Bios "atau" controler tertanam BIOS " "Mikrokontroler perangkat lunak" "Keyboard BIOS", "keyboard controller BIOS" atau "KBC BIOS" Banyak BIOS update termasuk penambahan perangkat lunak pembaruan yang memperbaiki fungsi bios dan merefisi kelemahan firmware EC Bios sangat "mendalam" dalam sistem, dapat juga  digunakan bagi pengguna untuk mengendalikan pendingin. Berkatan dengan thermal sensor,mengatur rpm cooling fan,dan pengaturan pendingin lainnya..
5. CLOCK SYNTH ICS9UM702
IDT jam generator dan frekuensi synthesizer adalah semua produk berbasis Jam PLL yang menghasilkan satu atau lebih sinyal jam dalam aplikasi. PLL produk berbasis jam-dapat menghasilkan frekuensi output yang berbeda dari frekuensi input yang umum. Biasanya dalam suatu sistem, setiap perangkat membutuhkan frekuensi yang berbeda untuk beroperasi.
6. Processor
          Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Control Unit (CU)
Memory Unit (MU)
    Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.
7.Battery charger FUJITSU MB39A129
Suatu alat yang berfungsi untuk mengisi battery dengan tegangan konstan hingga mencapai tegangan yang ditentukan. Bila level tegangan yang ditentukan itu telah tercapai, maka arus pengisian akan turun secara otomatis sesuai dengan settingan dan menahan arus pengisian hingga menjadi lebih lambat sehingga indikator menyala menandakan battery telah terisi penuh.  Didalam rangkaian battery charger terdapat rangkaian regulator dan rangkaian komparator.
8.Wireless Card (WLAN)
Wireless adalah sebuah perangkat yang hampir pastiada disemua laptop keluaran terbaru. Wireless card akan memudahkan kita untuk melakukan koneksi, karena dengan menggunakan perangkat ini user tidak perlu menggunakan dan membawa kabel kemana-mana untuk sekedar menghubungkan ke sebuah jaringan.
      Fungsi Wireless Card pada laptop yaitu menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.
Wireless tidak memerlukan kabel sebagai media perantaranya, akan tetatpi untuk kualitas dari stabilitas data yang masuk lebih bagus jaringan kabel dari pada menggunakan jaringan wireless.ghubungkan ke sebuah jaringan.
9. USB POWER SWITCH U5 : RT9703
             RT9703 adalah tegangan rendah, kinerja tinggi listrik N-MOSFET saklar tunggal, yang dirancang untuk rel power on / off control dengan RDS rendah (ON) ≈ 80mΩ dan fungsi perlindungan penuh. The RT9703 dilengkapi dengan sirkuit pompa muatan untuk mendorong saklar MOSFET internal dan output bendera yang tersedia untuk menunjukkan kondisi kesalahan terhadap besar di / dt yang dapat menyebabkan pasokan jatuh dari regulasi. Agar sesuai aplikasi yang berbeda, pin IP ditawarkan untuk pengaturan titik batas saat ini, resistor dari IP ke tanah menetapkan batas saat ini untuk saklar.
Fitur tambahan termasuk soft-start untuk membatasi arus masuk saat selama plug-in, thermal shutdown untuk mencegah kegagalan saklar bencana dari beban tinggi-saat ini, di bawah tegangan lockout (UVLO) untuk memastikan bahwa perangkat tetap off kecuali ada tegangan input yang valid hadir , presisi resistor-programmable keluaran batas saat sampai 3.5A. Selain itu, arus diam rendah sebagai 30μA membuat perangkat ini ideal untuk peralatan dioperasikan dengan baterai portabel.
The RT9703 tersedia dalam SOP-8 paket yang membutuhkan ruang papan minimum dan komponen terkecil.
10. CPU SERIAL PORT +3.3V RS-232
          Port serial RS-232 punya kelebihan yaitu kemudahan dalam penggunaannya, tidak memerlukan teknik pemrograman yang terlalu rumit, mudah untuk dipelajari dan karena sudah umum digunakan maka tidaklah sulit untuk mendapatkan periperal untuk merancang bangun suatu device yang menggunakan port serial RS-232. Karena itu port serial RS-232 banyak digunakan sebagai dasar untuk mempelajari teknik-teknik antar muka antara suatu device dan PC, misalnya antar muka mikrokontroler dengan PC. Dalam mempelajari teknik antar muka menggunakan komunikasi data melalui port USB bagi pemula tidaklah mudah.
          Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan suatu dongle konverter port USB menjadi port serial RS-232. Dengan menggunakan konverter ini maka sebuah port USB PC seolah-olah menjadi sebuah port serial RS-232 seperti pada umumnya, walaupun sesungguhnya data ditransfer melalui sebuah port USB. Ada sejumlah rangkaian transceiver RS232 yang biasa digunakan untuk komunikasi antara mikrokontroler dengan divais lain seperti PC atau divais lain yang menggunakan RS232.
11. RIGHT SPEAKER
        Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.
Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.
12. EXTERNAL SD/MMC SLOT POWER SWITCH
      Untuk memasukkan kartu atau memori yang telah disediakan juga tempat untuk power switch, Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.
13. DCON HYMAX HX8837

     The HX8837-A (The Integrated Circuit DCON Aplikasi-Spesifik) adalah Display Controller yang dioptimalkan untuk mengemudi One Laptop per Child (OLPC) hybrid warna / monokrom panel display 1200x900 TFT. Antarmuka dari HX8837-A mencakup masukan TTL (676), 512Kx16 bit SD-RAM dan DETTL output.
14. RTC CRYSTAL 32 KHZ

       Osilator digunakan di Maxim RTCs adalah variasi inverter CMOS dari Pierce-jenis osilator 32 KHZ. RTCs32KHZ ini termasuk beban terpadu kapasitor (CL1 dan CL2) dan resistor Bias. Pierce osilator menggunakan kristal yang beroperasi dalam mode paralel resonansi. Kristal yang digunakan dalam mode paralel resonansi ditentukan untuk frekuensi tertentu dengan kapasitansi beban tertentu. Untuk osilator untuk berjalan pada frekuensi yang tepat, rangkaian osilator harus memuat kristal dengan beban kapasitif yang benar.
15. RTC BATTERY ML1220
       Merupakan sebuah battery yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik.Di setiap motherboard,terdapat satu battery CMOS yang terpasang ditempatnya.Dengan ciri,berbentuk bulat pipih,sama seperti battery yang digunakan pada jam tangan.Adapun singkatan dari CMOS adalah “Complementary Metal Oxide Semiconductor”. battery lithium ml1220 dalam motherboard
16. WLAN POWER Q29: +3.3V POWER SWITCH
      Adalah untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel tembaga biasa (copper wire), juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile-users). Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan WLAN ini.
Berfungsi untuk memasukkan kabel WLAN +3.3V pada motherboard
17. +5V SW PQ31
     Short Wave Diathermy (SWD) adalah Suatu alat terapi yang menggunakan pemanasan yang pada jaringan dengan merubah energi elektromagnet menjadi.

Sekian pembahasan dari saya kurang lebihnya mohon maaf .

Wassalamuallaikum warohmatullahi wabarokatuh :-)


Komentar

Posting Komentar