PEMBAHASAN JARINGAN KOMPUTER



Referensi : Dillajeng May Athiyah
Kesimppulan

  1. Router adalah suatu hardware khusus yang menjalankan RouterOs Mikrotik
  2. Fungsi Hub sebagai penguat sinyal kabel UTP, sebagai perangkat keras, sebagai titik pusat yang menghubungkan keseluruh komputer dan penyambung
  3. Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan mati
  4. Access Pointnya untuk mengatur AP dapat berfungsi sebagai DHCP 
  5. Access Point digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan jaringan wirelles
  6. Access Point juga dapat mencakup jarak kurang lebih 100 meter
  7. Fungsi routerboard sebagai router network, menjalankan aplikasi firewall, menjalankan aplikasi wifi, menjalankan sistem hotspot
  8. Jangkauan sinyal Access Point Indoor lebih sempit dari pada Access Point Outdoor
  9. Aplikasi yang dapat diterapkan dalam mikrotik salah satunya yaitu firewall
  10. Setting router dapat menggunakan aplikasi winbox
  11. Firewall berfungsi sebagai pelindung jaringan
  12. RouterOs sebuah PC mini karena mempunyai 1 buah processor
  13. Dalam melakukan AccessPoint kita harus mengetahu salah satunya yaitu Ip Address
  14. Terdapat langkah instalasi Access Point yaitu TP-LINK
  15. Alat untuk membangun sebuah jaringan disebut Access Point Onboard


Referensi : Dillajeng May Athiyah
Yang tidak dimengerti 
  1. Bagaimana cara mensetting mikrotik hingga bisa menghasilkan hotsopt sendiri ?
  2. Bagaimana cara hub bekerja pada komputer ?
  3. Kenapa hub tidak mengenal MAC Addressing  atau Physical Addressing sehingga tidak bisa memiliki data yang harus ditransmisikan ?
  4. Apakah yang dimaksud dengan manajemen yang direlisasikan ?
  5. Bagaimana jika wifi tidak muncul padahal sudah memasang dan telah mensetting AP ?
  6. Apa kegunaan Ip Address ?
  7. Apa bedanya Wirelles Outdoor dan Access Point ?
  8. Cara menangani jika terjadi error pada saat instalasi mikrotik ?
  9. Apa yang menyebabkan terjadinya unidentified Network ?
  10. Apa kelebihan Access Point Indoor ?
Solusi

1.
1). Tentukan interface yang akan dibuatkan hotspot. Karena kita akan membuat hotspot via wifi maka pilih interface wlan. Disini saya asumsikan menggunakan wlan1. Aktifkan wlan1 dan gunakan mode AP Bridge, isikan SSID dengan nama hotspot anda.
2). Beri IP address interface wlan1, misalnya 192.168.100.1/24
[admin@MikroTik] > ip address add address= 192.168.100.1/24 interface=wlan1
Atau bisa melalui winbox, masuk ke menu IP --> Address
3). Sekarang kita mulai membuat Hotspot untuk wlan1. Untuk lebih mudah nya kita menggunakan wizard Hotspot Setup. Masuk ke menu IP --> Hotspot --> Hotspot Setup
4). Pilih Hotspot Interface : wlan1 --> klik Next
5). Selanjutnya mengisikan IP address dari wlan1 dan centang Masquerade Network. klik Next
6). Menentukan range IP address yang akan diberikan ke user (DHCP Server), misal : 192.168.100.10-192.168.100.254. Jadi user akan diberikan IP secara otomatis oleh DHCP Server antara range IP tersebut.
7). Memilih SSL certificate. Pilih none saja, klik Next.
8). IP Address untuk SMTP Server kosongkan saja. Klik Next.
9). Memasukkan alamat DNS Server. Isikan saja dengan DNS Server nya Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Klik Next.
10). Memasukkan nama DNS untuk local hotspot server. Jika diisi nantinya akan menggantikan alamat IP dari wlan1 sebagai url halaman login. Jika tidak diisi maka url halaman login akan mengguakan IP address dari wlan1. Kosongkan saja, klik next.
11). Hotspot sudah berhasil dibuat. Silakan anda coba koneksikan laptop anda ke wifi hotspot anda.
12). Buka browser dan akses web sembarang, misalnya mikrotikindo.blogspot.com maka anda akan dialihkan ke halaman login hotspot mikrotik.
13). Silakan coba login dengan username : admin dan password : kosong.
14). Jika berhasil login berarti Hotspot sudah beres.
15). Untuk mengedit dan menambahkan user silakan masuk ke menu IP --> Hotspot --> klik tab Users

2.Cara Kerja Hub adalah menyalin paket yang tiba di salah satu port ke port-port yang lain di Hub. Hub membagi bandwidth ke masing-masing port. Ketika satu PC yang digunakan, maka akan mendapat akses bandwidth yang maksimum tersedia. Namun, jika beberapa PC di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC yang ada. Hub bekerja pada lapisan Physical dan hanya memiliki satu buah domain collision..
3. karena untuk menghindar dari collison (tabrakan) pada sebuah jaringan tidak dapat dihindari. Collison (tabrakan) merupakan suatu kondisi apabila terdapat dua perangkat yang mengirim data pada saat bersamaan yang berakibat hilangnya data.
4. Manajemen yang direalisasikan adalah sebuah manajemen yang diaslikan .
5.
-Pastikan anda telah memasukkan password wi-fi dengan benar. Adakalanya seseorang sering lupa dengan password wi-finya sendiri dan ketika anda memasukan password yang salah otomatis anda tidak dapat terhubung ke perangkat wireless access point. Hal ini sering terjadi apabila pengguna menggunakan perangkat baru. Jika ingin mengecek password wifi di PC/notebook yaitu klik icon wireless connection, pilih Properties. Pada tab menu Security, klik Show characters. Maka anda bisa mengetahui kembali password wifi anda.
- Mendekatlah ke perangkat saat anda akan melakukan koneksi, jika ternyata dari jarak dekat bisa kemungkinan ada interferensi sinyal dari perangkat wireless access point lainnya.
- Lakukan restart perangkat wireless access point anda dengan cara mencabut adaptor dan menhubungkan kembali ke stop kontak. Hal ini bisa saja terjadi apabila perangkat tersebut overload atau terlalu banyak pengguna yang terhubung ke wireless access point, sedangkan bandwith internet yang di share kurang memadai.
- Lakukan restart PC/notebook anda dan melakukan koneksi ke perangkat wireless access point lainnya. Jika ke perangkat lain bisa, periksa versi firmware dan lakukan upgrade firmware untuk memperbaiki kinerja perangkat wireless access point anda.
- Periksa kembali apakah di perangkat wireless access point anda mengaktifkan fungsi mac address filter. Jika ya, daftarkan mac address perangkat baru yang akan anda gunakan.
6.
-Sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan
-Mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan
-Dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan
-Sebagai jejak pengguna internet
7.
1). Pada dasarnya Wireless Router berfungsi sama seperti wireless access point, sebagai penghubung wireless klien, hanya saja wireless router dilengkapi kemampuan untuk melakukan routing. Sedangkan untuk Wireless access point tidak memiliki kemampuan tersebut.
2). Fungsi Network Address Translation dapat ditemukan pada wireless router, sedangkan pada wireless access point tidak ditemukan.
3). Modem Dialler
Dengan adanya Wireless router, modem bisa langsung disambung ke wi-fi router dan secara otomatis di-dial sehingga wireless klien dapat langsung terkoneksi dengan internet. Sebelum adanya wireless router koneksi internet via modem hanya dapat dilakukan langsung dari komputer atau perangkat jaringan tertentu.

8.
-Periksa kabel jaringan Anda
-Lakukan Disable firewall
-Dengan cara reset
Intinya, kita harus membuat ip address pada komputer kita dynamic, jangan diisi secara manual karena mikrotik akan memberikan ip ke komputer kita secara otomatis.
Semua jaringan yang ada pada komputer kita harus kita Disable terlebih dahulu, baik itu koneksi internet, virtual host, proxy atau yang lainnya. Dengan kata lain jaringan yang kita aktifkan hanyalah yang terhubung dengan mikrotik..
9.
Penyebabnya hotspot tidak  menggunakan DHCP atau IP otomatis yang ketika kita koneksikan dengan hotspot langsung mendapatkan IP.
api ada juga hotspot yang menggunakan IP statis. kalau hotspot yang menggunakan IP statis kita harus memasukkan IP dulu ke komputer agar bisa terkoneksi ke Hotspot.
Untuk mengatasi hal ini sobat harus setting ip di komputer dan sesuaikan ip tersebut dengan ip pada hotspot

Ada juga wifi yang limited access kalau yang satu ini bisa juga kayak diatas penyebabnya, dan bisa juga ip yang di sediakan oleh hotspot sudah habis dipakai, jadi komputer kita tidak mendapatkan ip sehingga tidak terkoneksi ke internet.
Untuk  mengatasi ini sobat cari hotspot yang lain atau disable dulu wifi sobat lalu dienable lagi

Kalau kita menggunakan kabel, bisa juga masalahnya seperti diatas, isp menggunakan ip static, dan ip juga sudah habis sehingga komputer kita tidak konek internet. Tapi selain itu ada masalah lain, bisa juga kabel yang menghubungkan komputer sobat sampai ke modem atau isp ada yang trouble. Jadi misalnya di dalam jaringan lokal seperti kantor, agar komputer kita konek internet kan butuh kabel yang kemudian disambungkan lagi ke switch terus disambung lagi ke Router  sampai yang terakhir ke modem atau ISP.
Ada kemungkinan kabel yang sampai ke modem atau ISP ada trouble atau ada yang putus jadi kita hanya konek ke switch atau jaringan local saja.
Untuk mengatasi ini sobat bisa cek kabel dari komputer yang sobat pakai sampai ke modem ISP dan pastikan semua kabel sudah terhubung dan sobat juga bisa mengeceknya dengan melakukan Ping dari komputer sobat ke gateway modem atau ISP

Kalau kita menggunakan modem eksternal / USB kalau masalah ini muncul di modem eksternal yang biasa kita pakai kemugkinan di sebabkan karena sinyal mungkin lemah atau sedang ada gangguan operator.
Untuk mngatasi hal ini sobat bisa pergi ke tempat yang sinyalnya kuat
 10.
-Untuk sistem AP dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan signal Access Point untuk masuk ke dalam sebuah network
-Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak diperlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani network
-Ini keuntungan yang terakhir sistem security pada model Access Point lebih terjamak


Komentar